Ada Benjolan di Ketiak, Berbahayakah?

Coba cek ketiak Anda. Apakah terkandung benjolan di ketiak? Jika ya, kondisi bisa saja jadi tanda berasal dari terdapatnya suatu penyakit. Berikut ini fakta medis selengkapnya.

Tak banyak orang yang perhatikan area ketiak secara berkala. Padahal, ada beberapa persoalan kesehatan yang dapat timbul di bagian tersebut. Salah satunya adalah benjolan di ketiak.

Benjolan dapat terlihat di ketiak kanan, kiri, ataupun keduanya. Benjolan di ketiak dapat berukuran terlampau kecil hingga tidak disadari, ada terhitung benjolan ketiak yang berukuran besar dan cukup mengganggu.

Kebanyakan, benjolan di ketiak bukan perihal yang berbahaya. Akan tetapi, pada kasus-kasus tertentu, benjolan di ketiak dapat jadi menandakan kondisi kesehatan yang lebih serius.

Agar lebih jelas, berikut beberapa perihal yang dapat slot mahjong jadi penyebab benjolan di ketiak:

1. Folikulitis
Folikulitis dapat jadi keliru satu penyebab benjolan di ketiak. Kondisi ini adalah peradangan pada folikel area tumbuhnya rambut akibat infeksi.

Infeksi dapat berjalan dikarenakan iritasi, andaikan akibat sering menggaruk atau mencabut bulu ketiak dalam kondisi yang tidak higienis. Kuman yang masuk melalui pori-pori berasal dari folikel rambut mengakibatkan serangkaian tanda-tanda peradangan.

2. Hidradenitis
Hidradenitis adalah peradangan pada kelenjar keringat. Kondisi ini sering berjalan pada area yang mengalami gesekan, seperti ketiak, selangkangan, lipat paha, dan bokong. Penyebab tersering berasal dari hidradenitis adalah infeksi bakteri.

Hidradenitis mengakibatkan timbulnya benjolan kecil di bawah kulit yang tidak terlampau paham berasal dari luar. Saat infeksi memberat, kemunculan abses bisa saja tak dapat dihindari lagi.

3. Abses
Benjolan akibat abses bakal terasa panas, dan dapat mengakibatkan demam. Abses diakibatkan oleh infeksi bakteri, agar terbentuk area luas berisi nanah yang terasa nyeri.

Abses yang berukuran cukup besar perlu ditangani oleh dokter. Tindakan untuk mengeluarkan nanah diperlukan agar penyembuhan dapat berjalan lebih baik.

4. Alergi

Saat benjolan di ketiak diikuti rasa gatal, perihal berikut dapat disebabkan oleh reaksi alergi pada makanan atau obat-obatan.

Alergi terhitung dapat berjalan akibat pemanfaatan produk pada ketiak, seperti deodoran, bahan waxing, parfum, dan sebagainya.

5. Virus
Benjolan di ketiak dapat timbul seiring bersama penyakit penyerta yang tengah dialami, seperti cacar air dan herpes zoster.

6. Infeksi Jamur
Infeksi jamur terhitung dapat jadi penyebab benjolan di ketiak. Jenis jamur tersering yang dapat mengakibatkan kumpulan benjolan kecil di bawah ketiak adalah candida.

7. Lipoma
Benjolan tidak sakit dan bertekstur lunak sering disebabkan oleh lipoma, yakni tumor jinak yang terbentuk berasal dari jaringan lemak.

Kondisi ini tidak tergolong emergensi. Namun, lipoma dapat dihilangkan bersama tindakan pembedahan terkecuali telah mengganggu kenyamanan.