Bisakah minum teh menurunkan kolesterol?

Berikut detailnya… Ya, sering digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk kondisi medis tertentu. Lantas, apakah minum teh bisa menurunkan kolesterol? Ya, menurut penelitian, teh bisa memberikan efek positif dalam menurunkan kadar kolesterol.

Namun jenis teh yang paling efektif slot gacor hari ini untuk menurunkan kolesterol adalah teh hijau. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai efektivitas teh dalam menurunkan kolesterol, simak selengkapnya berikut ini.

Bisakah minum teh menurunkan kolesterol? Ternyata berbagai jenis teh, antara lain teh hijau, teh oolong, dan teh hitam, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Menurut Verywell Health, di antara berbagai jenis teh, teh hijau sering digunakan untuk membantu menurunkan kolesterol atau mengatasi masalah lainnya.

Pasalnya, teh hijau tidak melalui proses fermentasi seperti teh lainnya. Hal ini memastikan kandungan antioksidan khususnya katekin tetap terjaga. Banyak penelitian yang meneliti bahan aktif dalam teh hijau, ekstrak katekin, menunjukkan penurunan kadar kolesterol.

Sebuah penelitian pada tahun 2003 menunjukkan bahwa ekstrak katekin dari teh hijau yang dicampur dengan antioksidan theaflavin dari teh hitam mampu menurunkan kolesterol total sebesar 11,3 persen, kolesterol LDL sebesar 16,4 persen, trigliserida sebesar 3,5 persen, dan meningkatkan HDL sebesar 2,3 persen.

Belum jelas bagaimana katekin dalam teh hijau bisa menurunkan kadar kolesterol. Namun diduga dapat menghambat penyerapan kolesterol di usus. Selain itu, kandungan teh juga dapat meningkatkan aktivitas reseptor kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kolesterol total.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat teh dalam menurunkan kolesterol. Penderita kolesterol tinggi juga sebaiknya tetap mengonsumsi obat dari dokter untuk mengatasi kondisinya.

Efek Teh Minum teh memiliki banyak potensi manfaat kesehatan. Namun, terlalu banyak minum teh dapat menimbulkan efek atau dampak buruk bagi kesehatan. Melansir Healthline, berikut beberapa efek samping minum teh yang patut Anda waspadai: menghambat penyerapan zat besi. Menyebabkan susah tidur.

Menyebabkan stres, kecemasan dan perasaan gelisah. Menyebabkan mual jika diminum saat perut kosong. Menyebabkan sakit kepala. Karena mempunyai efek yang berbeda-beda, sebaiknya jangan minum terlalu banyak.