Cara Mengenal Kesehatan Bayi Dalam Kandungan Dan Sesudah Lahir

Kesehatan si Kecil tentunya menjadi prioritas Moms dan Dads pun sebelum dia lahir. Menetapkan si Kecil sehat semenjak dalam kandungan tentunya hal yang sungguh-sungguh diinginkan orang tua. Untuk mengetahui apakah situasi si Kecil normal dan sehat, Moms dan Dads perlu mengetahui ciri-cirinya. Berikut ini beberapa ciri yang bisa Moms dan Dads untuk mengetahui situasi kesehatan si Kecil semenjak dalam kandungan sampai usia bayi satu bulan.

 

Ciri Bayi Sehat Dalam Kandungan
Untuk mengetahui kesehatan si Kecil dalam kandungan Moms bisa merasakannya melalui gerakan di dalam perut. Ketika si Kecil aktif bergerak dan bereaksi terhadap respons sekitar karenanya artinya dia cukup sehat. Namun untuk memastikannya Moms perlu menjalankan USG dengan dokter kandungan. Berikut ini ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan yang bisa Moms perhatikan.

Usia Kandungan 33 Pekan
Pada usia kandungan 33 minggu, normalnya bayi slot77 memiliki berat sekitar 1,9 kg dan panjang 43,7 cm. Ketika usia ini otak bayi sedang berkembang secara pesat. Lengan dan kaki bayi akan menonjol gemuk karena lemak di bawah kulitnya telah meningkat. Seandainya bayi berjenis kelamin laki-laki karenanya saat ini testis telah mulai turun ke skrotum.

Usia Kandungan 34 Pekan
Menjelang usia 34 minggu berat bayi bertambah menjadi sekitar 2,1 kg dengan panjang 45 cm. Paru-paru bayi semakin berkembang. Bayi pun telah bisa mengenali bunyi di sekitar, Moms dan Dads bisa mengajaknya berbicara dan dia akan memberikan respons berupa tendangan atau gerakan.

Usia Kandungan 35 Pekan
Mulai minggu ke 35 berat bayi akan bertambah sekitar 30 gram tiap minggunya. Pada usia ini beratnya sekitar 2,4 kg dan panjangnya 46,2 cm. Moms bisa menikmati gerakannya dari permukaan kulit perut tanpa mesti menyentuhnya. Bayi makin aktif bergerak naik turun dan berguling di dalam perut.

Usia Kandungan 36 Pekan
Usia 36 minggu berat bayi sekitar 2,6 kg dan panjang 47,4 cm. Pada usia ini bayi telah memiliki situasi komplit, Moms telah mulai mempersiapkan kelahiran. Posisi kepala bayi semakin rendah turun ke panggul. Cara otak dan saraf bayi semakin responsif di usia ini. Sensitivitasnya pendengarannya juga semakin berkembang, Moms dan Dads bisa sering mengajaknya berbicara untuk melatih perkembangannya.

 

Ciri Bayi Dalam Kandungan Kurang Sehat
Ketika Moms menikmati beberapa hal di bawah ini artinya mungkin bayi dalam situasi tidak normal atau mengalami gangguan. Sebaiknya langsung menghubungi dokter kandungan untuk memeriksakan kondisinya. Ciri bayi dalam kandungan kurang sehat sebagai berikut :

Pergerakan bayi dalam perut terasa menurun. Seandainya lazimnya bayi bergerak aktif lalu tiba-tiba jarang bergerak mungkin ada yang tidak beres dengan kondisinya.
Mengamati dari berat badan bayi yang tidak pantas dengan perkembangan usianya karenanya menjadi salah satu petunjuk kesehatan bayi terganggu.

Mengecek Kesehatan Mata Bayi Satu Bulan
Sesudah si Kecil lahir mungkin Moms dan Dads mengkhawatirkan kesehatannya. Tubuhnya yang masih imut dan belum bisa berkomunikasi membikin Moms dan Dads linglung sesungguhnya apakah situasi kesehatannya normal atau tidak. Salah satu kesehatan si Kecil yang susah dikenal merupakan situasi kesehatan matanya. Pada usia bayi 1 bulan belum bisa melihat obyek jauh. Si Kecil baru bisa melihat dengan jarak 20-40 cm. Usia 1 bulan si Kecil bersuka cita melihat warna yang kontras, Moms bisa memberikan mainan bayi yang memiliki warna kontras untuk merangsang perkembangan penglihatannya.

Bola mata si Kecil saat lahir belum bisa fokus berbarengan. Ketika ada benda bergerak di depannya, bola matanya belum bisa secara berbarengan mengikuti gerakan benda hal yang demikian. Moms dan Dads tidak perlu cemas karena itu hal yang wajar, saat usianya menjelang 1 bulan kemampuan fokus batanya akan lebih baik.

Pada usia 2-4 bulan kemampuan si Kecil melihat warna telah mulai berkembang dia telah bisa melihat dengan bermacam warna yang lebih rumit. Masuk usia 4 bulan si Kecil bisa menjangkau obyek yang dilihatnya, ini juga terus berkembang seiring dengan perkembangan motoriknya.

Usia 5 – 8 bulan kemampuan memandangnya semakin baik dan bisa melihat warna-warna yang lebih lembut. Usia 8 bulan penglihatannya mendekati total.

Pada usia berapa bayi bisa melihat lazimnya saat menjelang usia 12 bulan penglihatannya semakin total dan bisa mengenali obyek dari jauh dengan jelas.

Lakukan pengecekan kesehatan mata bayi ke dokter sekiranya dirasa mengalami petunjuk-petunjuk problem pada mata untuk menghindari risiko gangguan penglihatan yang serius. Dengan seperti itu, dokter bisa menolong mencari tahu problem yang sesungguhnya terjadi pada mata si Kecil.

 

Mengenal Kesehatan Bayi Lewat Kotorannya
Kesehatan si Kecil juga bisa dikenal melalui kotorannya. Sebagian aspek sebagai indikator kesehatan bayi bisa diperhatikan dari frekuensi, tekstur, warna, dan bau BAB si Kecil. BAB normal bayi usia 0 – 1 bulan memiliki tekstur cair dan berwarna hitam kehijauan karena berupa mekonium. Frekuensi BAB sekitar 3-12 kali sehari pada bayi yang hanya diberi ASI.

Kian bertambah usia frekuensi pup si Kecil akan berkurang, pun si Kecil bisa buang air beberapa hari sekali. Umumnya pada bayi yang hanya mengonsumsi ASI bisa pup 3-4 hari sekali, namun untuk bayi yang minum susu formula setidaknya pup sekali tiap hari.

Seandainya si Kecil mengalami gangguan pencernaan lazimnya akan mengeluarkan kotoran yang berbeda dari lazimnya. Berikut ini petunjuk BAB yang tidak normal terjadi pada bayi :

Warna Hijau Encer
Ketika pup bayi berwarna hijau encer dan terjadi beberapa kali dalam sehari artinya si Kecil mengalami gangguan pencernaan. Seandainya ini bisa terjadi karena diare, alergi, atau infeksi bakteri. Seandainya berwarna agak kuning kehijauan dan berlendir bisa saja petunjuk infeksi akibat virus seperti influenza dan lainnya.

Pink dan Kemerahan
Pup yang berwarna pink kemerahan membuktikan adanya darah dalam kotoran. Seandainya melihat situasi kotoran si Kecil seperti ini sebaiknya langsung bawa ke dokter. Seandainya saja si Kecil mengalami infeksi atau sembelit sehingga terjadi robekan pada anus karena pup yang keras.

Berwarna Putih dan Berkapur
Seandainya Moms melihat si Kecil mengeluarkan kotoran berwarna putih dan berkapur artinya ada problem pada organ livernya. Pakai hubungi dokter sekiranya terjadi hal ini, karena gangguan liver atau empedu akan mempengaruhi absorpsi nutrisinya.

Kesehatan si Kecil yang perlu diperhatikan selanjutnya merupakan kesehatan kulitnya, lebih-lebih kulit pantatnya yang sensitif dan rawan iritasi karena pengaplikasian popok. Untuk itu Moms perlu memberikan popok yang nyaman untuk kulit sensitifnya. Moms bia memakai popok Merries yang merupakan popok No.1 alternatif para Kekuatan di Jepang,

Pakai popok Premium Tape New Born Merries memiliki permukaan bergelombang yang lembut dengan 3 lapisan bersirkulasi udara sehingga kulitnya akan nyaman, bebas lembab, dan tentunya tidak mudah mengalami iritasi. tampung dan energi serap popok Merries sungguh-sungguh baik sehingga kulit si Kecil selalu kering dan tidak lembab. Popok Premium Tape New Born Merries memiliki alarm penanda pipis sehingga saat popoknya telah penuh Moms bisa langsung mengetahui dan menggantinya. Pakai popok Merries untuk mendampingi tumbuh kembangnya dengan ceria.