Daftar Kebutuhan Alat Kesehatan yang Penting Bagi Klinik

Dikala kita melakukan pengobatan ke klinik, pasti kita akan mengamati beberapa alat medis yang tersedia di klinik hal yang demikian. Alat – alat medis hal yang demikian dipakai oleh dokter maupun perawat untuk menyokong aktivitas pelayanan yang diberi terhadap pasien. Artikel ini akan membahas apa saja kebutuhan alat medis yang patut disediakan oleh klinik.

Kenapa Membutuhkan Alat Medis?
Dalam mencapai status klinik yang ideal slot depo 5k qris dan pantas dengan standar yang ditetapkan oleh Pemerintah, klinik patut memenuhi beberapa indikator supaya dapat memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan berkwalitas terhadap pasien. Salah satu indikator yang patut dipenuhi oleh klinik dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan yakni tersedianya alat – alat medis yang menolong dokter dan perawat dalam melakukan pemeriksaan medis, melakukan prosedur-prosedur medis seperti pemberian obat, transfusi darah, atau pembedahan, serta dapat menyokong perbuatan pencegahan dilema kesehatan dengan melakukan deteksi dilema kesehatan sejak dini.

Daftar Alat Medis Klinik
Berikut ini standar alat medis yang patut tersedia di klinik untuk menyokong pelayanan kesehatan pasien sebagaimana telah tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 14 Tahun 2021 perihal Standar Kesibukan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Perizinan Berupaya Berbasis Risiko Sektor Kesehatan.

Alat Cek Darah
Tensimeter
Termometer
Stetoskop
Sterilisator
Spuit atau Alat Suntik
Garputala
Handle dan kaca nasofaring
Timbangan Badan
Pulse Oximeter
Peak Flow Meter
Nebulizer
Senter Medis (Penlight)
Nierbeken
Spatula lidah
Metline (pengukur lingkar pinggang)
Tiang Infus
Hot Water Bag
Palu Refleks
Aplikasi Klinik

Daftar Kebutuhan Alat Medis Lazim, Khusus, Pendorong, dan Kedaruratan
Menurut Permenkes No. 75 Tahun 2014 perihal Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit daftar kebutuhan alat medis dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yakni:

Alat medis awam
Alat medis awam yakni alat-alat yang dipakai untuk pemeriksaan dan perawatan pasien secara awam. Sebagian figur alat medis awam yang dibutuhkan oleh klinik antara lain:

Stetoskop
Termometer
Timbangan berat badan
Tensimeter
Otoskop
Senter medis
Sudip lidah
Alat suntik
Kapas
Kassa steril
Plester
Perban
Pembalut
Sarung tangan medis