Takaran Aman Minum Obat Warung

Hati-hati Overdosis, Berapa Takaran Aman Minum Obat Warung?

Obat warung sering menjadi solusi kala sakit tiba-tiba menyerang. Entah itu flu, batuk, demam, atau sakit kepala, solusi pertama yang tersedia di pikiran beberapa besar orang Indonesia adalah obat warung.

Jenis obat warung termasuk bermacam-macam. Tapi yang paling tenar berupa obat-obatan analgesik pereda nyeri. Baru-baru ini, seorang warganet di tempat sosial X mengaku sering mengkonsumsi obat warung. Tak tanggung-tanggung, dia apalagi bisa mengkonsumsi obat warung 2-4 butir di dalam sekali minum.

Pertanyaannya, sejauh mana kita boleh bebas mengkonsumsi obat warung tanpa resep dokter? Pakar Farmasi berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Zullies Ikawati mengatakan, mengkonsumsi obat warung sebenarnya tidak boleh berlebihan, apalagi judi bola online kalau sampai menjadi kebiasaan.

Lagi pula, kata Zullies, obat warung ini kebanyakan berupa obat penghilang rasa sakit atau analgesik. Obat ini tidak terlampau mengobati sakit, layaknya sakit kepala.

“Jadi pemakaiannya jangan terlampau sering, ya, seperlunya saja. Tidak boleh menjadi kebiasaan,” kata Zullies kala dihubungi, Jumat (8/12).

Zullies menyebut, obat-obatan analgesik warung yang digunakan berlebihan bisa berakumulasi di di dalam tubuh. Ketika perihal ini terjadi, rusaknya liver atau pengaruh hepatotoksik pun bisa muncul.

Baca juga:

Kenapa Perut Sakit Melilit? Kenali 7 Penyebab dan Cara Meredakannya

Tips Agar Terhindar Dari Penyakit Diabetes

Selain itu, kata Zullies, pemanfaatan obat sakit kepala yang berlebihan justru bisa membuat sakit kepala karena obat. Istilah medisnya adalah medication overuse headache.

“Beberapa termasuk bisa mengalami hepatitis atau problem liver. Bahkan yang kritis itu, kendati jarang terjadi, bisa keluar alergi berat macam Steven Johnson syndrome,” katanya.

Takaran aman obat warung

Lantas, berapa takaran aman mengkonsumsi obat warung, lebih-lebih yang masuk kategori analgesik? Menurut Zullies, takaran maksimal mengkonsumsi obat-obatan warung adalah 4 gram sehari. Jika menggunakan pill ukuran 500 miligram, maka dosis maksimalnya adalah 8 pill sehari.

“Tapi ini dosis maksimal, menjadi mestinya tidak cukup berasal dari delapan tablet,” katanya.

Dosis berlebihan atau pemanfaatan rutin 2-4 pill sehari termasuk bisa berdampak tidak baik untuk kesehatan. Jadi sebaiknya, jangan mengkonsumsi obat warung terlampau sering dan terlampau banyak.

“Jika sebenarnya tersedia sakit kepala kritis atau sedang, sebaiknya periksa ke dokter. Karena obat, bagaimana juga, wajib cocok bersama dengan resep dokter dan tidak boleh berlebihan,” katanya.