Ini Dia Penyebab Badan Cepat Lelah dan Mengantuk

Badan cepat lelah dan mengantuk tidak hanya disebabkan oleh tidak cukup tidur, tapi termasuk sanggup sanggup disebabkan oleh masalah kesegaran fisik dan mental. Melakukan pergantian kebiasaan, layaknya konsumsi makanan yang bernutrisi dan berolahraga secara teratur, biasanya sanggup menangani badan yang letih dan mengantuk.

Namun, jalankan perawatan dan pengobatan secara medis termasuk dibutuhkan dikala penyebabnya adalah masalah kesegaran tertentu. Untuk lebih jelasnya, ketahui penyebab badan cepat letih dan mengantuk, serta cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab badan cepat letih dan mengantuk

Badan yang cepat letih dan mengantuk sanggup disebabkan oleh aspek kebiasaan, layaknya begadang dan jarang berolahraga. Selain situs bola itu, beberapa masalah kesegaran termasuk sanggup menyebabkan kondisi ini. Disarikan dari Healthline dan Prevention, berikut adalah beberapa penyebab badan cepat letih dan mengantuk yang kudu diketahui.

  • Memiliki mutu tidur yang buruk

Selain tidak cukup tidur, mutu tidur yang tidak baik termasuk sanggup menyebabkan Anda menjadi cepat letih dan mengantuk. Gangguan tidur tertentu, layaknya insomnia dan apnea tidur, sanggup pengaruhi fungsi tubuh untuk melakukan perbaikan dirinya sendiri sehingga akan menjadi lebih letih dan tidak cukup fresh selagi bangun.

  • Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi tertentu, layaknya zat besi, vitamin B, vitamin D, dan vitamin C, sanggup menyebabkan Anda menjadi letih dan mengantuk, walaupun sudah mendapatkan selagi tidur yang lumayan di malam hari. Selain menjadi letih dan mengantuk, Anda sanggup mengalami gejala lainnya, layaknya pening, kesemutan, hingga gangguan penglihatan.

  • Merasa stres

Stres kronis sanggup menyebabkan gangguan kelelahan yang ditandai bersama dengan tubuh yang letih secara fisik dan mental. Stres kronis termasuk sanggup merubah struktur dan fungsi otak yang akan menyebabkan inflamasi kronis sehingga menyebabkan Anda menjadi cepat letih dan mengantuk.

Baca juga:

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Hati-hati Overdosis, Berapa Takaran Aman Minum Obat Warung?

  • Memiliki pola makan yang tidak cukup sehat

Makanan yang dikonsumsi sanggup pengaruhi persentase energi di dalam tubuh. Anda yang punyai pola makan yang tidak cukup sehat sanggup mengalami kekurangan nutrisi dan kalori yang penting untuk tubuh sehingga akan menyebabkan Anda menjadi cepat letih dan mengantuk.

  • Memiliki masalah kesegaran tertentu

Beberapa masalah kesegaran tertentu kerap ditandai bersama dengan rasa letih dan mengantuk yang tiba-tiba, layaknya kanker, sindrom kelelahan kronis, gangguan tiroid, penyakit ginjal, dan diabetes. Rasa letih dan mengantuk yang berjalan secara terus menerus sanggup jadi disebabkan oleh masalah kesegaran yang lebih betul-betul sehingga kudu diatasi secara medis.

  • Mensonsumsi kafein secara berlebihan

Minuman yang memiliki kandungan kafein, layaknya kopi, sanggup meningkatkan energi selagi Anda menjadi letih dan mengantuk. Namun, konsumsi minuman berkafein yang terlalu berlebih sanggup mengganggu siklus tidur di malam hari dan menyebabkan energi lebih cepat menyusut dalam beberapa jam setelahnya.

  • Kekurangan cairan tubuh

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi sanggup mengganggu sistem sel-sel dan organ di dalam tubuh sehingga menyebabkan energi dan kekuatan konsentrasi menurun. Cairan tubuh yang hilang kudu diganti bersama dengan minum air putih yang cukup, atau setidaknya delapan gelas per hari.

  • Kelebihan berat badan atau obesitas

Menjaga berat badan sehingga senantiasa ideal sangatlah penting untuk menunjang kesegaran tubuh secara umum. Kelebihan berat badan atau obesitas tidak hanya sanggup meningkatkan risiko masalah kesegaran yang serius, layaknya diabetes jenis 2 dan penyakit jantung, tapi termasuk akan meningkatkan risiko kelelahan kronis.

Badan yang cepat letih dan mengantuk biasanya disebabkan oleh aspek normalitas yang dimiliki. Namun, beberapa masalah kesegaran yang lebih betul-betul termasuk sanggup menyebabkan Anda menjadi cepat letih dan gampang mengantuk.

Cara menangani badan cepat letih dan mengantuk

Badan yang tiba-tiba menjadi cepat letih dan gampang mengantuk sanggup jadi merupakan gejala dari masalah kesegaran yang lebih betul-betul sehingga kudu diatasi bersama dengan pengobatan dan perawatan medis. Namun, pergantian normalitas biasanya sanggup mengembalikan energi yang hilang sehingga badan akan menjadi lebih fresh dan terhindar dari rasa mengantuk. Beberapa cara menangani badan cepat letih dan mengantuk yang sanggup dicoba, seperti:

  • Beristirahat sejenak di siang hari untuk mengembalikan energi yang hilang
  • Melakukan kesibukan lainnya di sela-sela pekerjaan yang dikerjakan sehingga tidak menjadi bosan
  • Melakukan kesibukan fisik secara rutin, atau setidaknya berolahraga selama 150 menit dalam seminggu
  • Menyisihkan selagi untuk jalankan kesibukan yang disukai untuk mengurangi stres

Memahami penyebab badan cepat letih dan mengantuk sangatlah penting karena kondisi ini sanggup jadi merupakan gejala dari masalah kesegaran yang lebih serius. Meskipun biasanya sanggup diatasi bersama dengan jalankan pergantian kebiasaan, Anda diimbau untuk segera melacak bantuan medis jika kondisi yang dialami bertambah betul-betul atau tidak kunjung membaik.