Sariawan

Jangan Sepelekan Sariawan Tak Kunjung Sembuh

Luka di rongga mulut atau sariawan tidak boleh disepelekan. Sebab, mampu menjadi merupakan tanda-tanda timbulnya kanker mulut.

Dokter I Gusti Ngurah Gunawan Wibisana, Sp.B(K) Onk dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyampaikan, normalnya sariawan akan sembuh didalam kala dua sampai tiga minggu.

“Jadi, ada luka didalam bentuk sariawan, seringkali mampu di daerah lidah atau mungkin di daerah anggota lain didalam rongga mulut, tetapi dia tidak sembuh didalam kala tiga minggu,” kata dokter spesialis bedah onkologi ini seperti ditulis Antara, Selasa (13/2/2024).

“Begitu dia tidak sembuh didalam kala tiga minggu, kita wajib mulai ragu bahwa ini mungkin ada sesuatu yang lebih serius dibandingkan sekadar sariawan biasa,” katanya.

Menurut Gunawan, kanker rongga mulut bisa berlangsung karena anggota rongga mulut atau lidah kerap tergigit akibat susunan gigi geligi yang tidak rata. Selain itu, di sini kami juga akan sedikit membahas tentang permainan judi online yang tersedia di link situs mahjong ways 3 dan slot zeus

Baca juga:

Tips Menghilangkan Perut Buncit Tanpa Menyiksa Diri

10 Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Hati

“Lidahnya kerap tergigit, konsisten kerap menjadi luka akibat susunan gigi geligi sehingga berlangsung trauma yang berulang terus,” kata Gunawan, yang berpraktik di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Gunawan mengatakan, kanker rongga mulut lebih berisiko berlangsung terhadap orang-orang yang punyai tradisi merokok, mengunyah sirih, dan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

Menghindari kebiasaan-kebiasaan berikut dan juga rutin melakukan pengecekan rongga mulut tiap-tiap bulan, menurut dia, mampu menahan timbulnya penyakit.

“Jadi, secara berkala satu bulan sekali atau tiap-tiap tanggal ulang tahun tiap-tiap bulan kita memeriksa situasi di didalam rongga mulut kita, ada atau tidak misalkan luka atau sariawan yang tidak sembuh. Kemudian, ada atau tidak bercak keputihan yang sebelumnya tidak ada sekarang ada dan sesudah itu meluas,” kata Gunawan.