Kupas Tuntas Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Indonesia

Kecuali Jurusan Farmasi, masih ada jurusan kesehatan lain yang tidak berinteraksi segera dengan pasien, adalah Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jurusan ini berbeda dengan Jurusan Ilmu Kedokteran dan Jurusan Ilmu Keperawatan karena tidak bertugas merawat dan menyembuhkan pasien. Terus apa itu Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat?

Mengenal Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah jurusan yang mempelajari ilmu seputar peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan pencegahan kepada penyakit. Yups, apabila Jurusan Ilmu Kedokteran lebih mengarah pada tindakan kuratif (penyembuhan) dan rehabilitasi (pemulihan) orang sakit, maka slot777 Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat mengerjakan tindakan promotif (peningkatan) dan preventif (pencegahan) orang sehat supaya tidak sakit. Gimana, dapat dipahami ‘kan perbedaannya, Brainies?

Bila kita kulik dari namanya, dapat diterka jurusan ini nggak cuma berhubungan dengan kesehatan, tapi juga sosial. Eits, meskipun ada unsur sosialnya, jurusan ini cuma dapat disantroni oleh jebolan IPA atau buah hati Saintek lho, ya.

Oh iya, Brainies, karena jurusan ini berhubungan dengan masyarakat sebagai golongan sosial, maka pelayanannya malah tertuju pada skala besar, seperti keluarga, kelompok sosial, malah rakyat suatu negara atau dunia. Jadi, bukan cuma terbatas pada individu saja layaknya dokter ya.

 

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat
Di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, mata kuliah yang dipelajari benar-benar beraneka. Ada yang berhubungan dengan kesehatan, sosial, administrasi, hingga ekonomi. Pokoknya banyak deh, Brainies! Sebagai teladan, yuk kita lihat beberapa mata kuliah Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Negeri Semarang (Unnes) berikut ini.

 

Semester 1 dan 2
Mata kuliah yang dipelajari pada semester permulaan biasanya berupa pengantar atau dasar yang akan membuka wawasanmu seputar jurusan ini. Seumpama,

Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat,
Dasar Kependudukan,
Sosio Antropologi Kesehatan,
Anatomi,
Fisiologi,
Biokimia,
Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, dan
Gizi Kesehatan Masyarakat.
Semester 3 dan 4
Melewati semester permulaan, kau udah mulai meninggalkan mata kuliah dasar-dasar di jurusan ini. Lalu apa saja mata kuliah yang dipelajari? Seumpama,

Promosi Kesehatan,
Ekonomi Kesehatan,
Metode Informasi Kesehatan,
Epidemiologi Penyakit Menular,
Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif,
Penulisan Ilmiah,
Komunikasi Kesehatan, dan
Surveilans Kesehatan Masyarakat.

Semester 5 dan 6
Pada semester tengah, kau cuma akan belajar mata kuliah cocok dengan bidang peminatan yang diambil. Nah, di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Unnes ada enam peminatan yang ditawarkan, adalah,

Epidemiologi dan Biostatistik,
Gizi Kesehatan Masyarakat,
Keselamatan dan Kesehatan Kerja,
Kesehatan Lingkungan,
Promosi Kesehatan, serta
Administrasi Kebijakan Kesehatan.
Semester 7 dan 8
Layaknya jurusan lain, semester akhir akan diisi dengan aktivitas praktik lapangan dan tugas akhir tentunya. Adapun kegiatanmu pada semester akhir di antaranya mencontoh Kuliah Kerja Riil dan Praktik Kerja Lapangan, serta membuat Skripsi.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat
Jebolan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat jadi apa? Nggak usah takut, prospek kerja untuk jebolan jurusan ini terbuka lebar kok. Apalagi selama belajar di jurusan ini, kau nggak cuma belajar seputar kesehatan, tapi juga sosial, ekonomi, malah administrasi.

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Terakreditasi A
Saya yakin deh kau pasti kepengen masuk universitas yang Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakatnya terakreditasi A. Nggak perlu resah, ada banyak kok universitas yang udah menyandang akreditasi A untuk jurusan ini. Biar kau nggak resah lagi, saya sebutin deh 10 universitas dengan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat telah terakreditasi A.

1. Universitas Airlangga
2. Universitas Negeri Semarang
3. Universitas Andalas
4. Universitas Sumatera Utara
5. Universitas Diponegoro
6. Universitas Indonesia
7. Universitas Hasanuddin
8. Universitas Dian Nuswantoro
9. Universitas Muhammadiyah Semarang
10. Universitas Muhammadiyah Aceh

Sekian pembahasan kita seputar Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, mulai dari mata kuliah, prospek kerja, hingga universitas terakreditasi A. Gimana, kau merasa berminat nggak sama jurusan ini? Bila iya, berarti kau wajib rajin belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal ala UTBK nih biar persiapanmu lebih matang. Kebingungan caranya? Gabung saja ke Brain Academy Online supaya kau dapat mencontoh Tryout UTBK dengan jenis-jenis soal terupdate. Klik banner di bawah ini, ya!