Pengaruh Kesehatan Gigi dan Mulut Kepada Keseluruhan Kesehatan

Halo Sahabat Permata! Sahabat pernah sakit gigi? Mengalami gusi bengkak? Atau sesimpel kurang menjaga kebersihan gigi? Tahukah Sahabat bahwa kesehatan gigi dan mulut memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan? Yuk kita simak selengkapnya!

Apabila kita memandang kembali ke belakang, rupanya pentingnya kesehatan gigi telah diabadikan oleh Hesy-Re, seorang juru tulis yang hidup 4600 tahun yang lalu, dengan testimoni yang berbunyi “yang terbaik di antara mereka yaitu yang merawat gigi”. Pun, resep pasta gigi telah ditemukan sejak 2000 tahun yang lalu, lho! Dan rupanya, saat ini, berjenis-jenis penelitian telah berkonsentrasi untuk mengenal lebih dalam perihal slot online 777 kekerabatan kesehatan gigi dan mulut dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Faktanya, beberapa penelitian telah menggambarkan bahwa gangguan pada gigi dan mulut terkait dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru, komplikasi pada ibu hamil dan melahirkan, hingga berjenis-jenis penyakit yang jarang terjadi seperti Von Willebrand (gangguan pembekuan darah dimana darah sukar membeku).

Mengetahui Penyakit Gigi & Mulut dan Penyebabnya

Penyakit gigi dan mulut lazimnya berupa peradangan pada gusi (gingivitis, periodontitis) atau karies gigi (gigi bolong), yang terkait erat dengan kebersihan gigi dan pola makan. Di mulut kita, terdapat bakteri baik dan jahat. Kuman jahat yang berinteraksi dengan makan-makanan mengandung gula akan menciptakan asam bisa yang merusak gigi yang bersifat sementara. Pembersihan gigi dengan pasta gigi berflourida bermanfaat untuk mengkoreksi kerusakan gigi hal yang demikian. Apabila gigi tidak rutin dibersihkan, khususnya sesudah makan makanan manis, bakteri lebih banyak berinteraksi dengan sisa-sisa makanan pada gigi, menyebabkan penyusunan plak dan karies gigi (gigi bolong).

Berikutnya, plak yang terkalsifikasi akan menjadi karang gigi (calculus), yang menyebabkan peradangan hingga gusi (gingivitis) atau jaringan lain yang berada di sekitar gigi (periodontitis).