Selain Kedokteran Ternyata Jurusan Kesehatan Juga Ada Loh Yang Populer

Esaunggul.ac.id Kedokteran memang jurusan yang populer di bidang kesehatan. Namun sebetulnya, ada banyak jurusan yang tak keok populer lho. Selain kans kerjanya yang luas, kuliah jurusan kesehatan juga asyik. Tak cuma belajar teori, namun kita juga akan belajar untuk bekerja di lab dan turun lantas ke lapangan. Yuk intip jurusan kesehatan populer yang ada di ESA UNGGUL

1.Ilmu Gizi

Ada istilah kuratif dan preventif – pernah mendengarnya, Sobat? Pendidikan Dokter lebih bersifat kuratif, mengobati pasien yang sakit. Uniknya, Ilmu Gizi bisa bersifat preventif maupun kuratif.

Pada jurusan ini, kita belajar tentang pemenuhan nutrisi dalam kondisi sehat maupun sakit. Kebutuhan nutrisi balita, remaja, ibu menyusui, hingga manula berbeda. Masing-masing memerlukan asupan makanan sehat, cocok dengan kebutuhannya, agar kesehatannya terjaga dengan baik.

Sementara itu, pasien yang dirawat di rumah sakit juga spaceman pragmatic play memerlukan nutrisi yang berbeda agar lekas pulih dari sakitnya. Nah, jurusan ini tak keok penting dibanding Pendidikan Dokter, bukan?

2.Kesehatan Masyarakat

Sobat Terampil pernah mengaplikasikan BPJS Kesehatan? Cara jaminan kesehatan nasional ini mewajibkan kita memeriksakan diri ke Fasilitas Kesehatan secara berjenjang ketika sakit. Kemudian, dokter memeriksa dan memberi kita resep obat yang diproduksi oleh farmasi.

Artinya, metode kesehatan sebetulnya cukup kompleks – tak cuma tentang dokter. Nah, pada Jurusan Kesehatan Masyarakat inilah kita belajar tentang rumitnya keadaan sulit kesehatan.

Sama seperti Ilmu Gizi, Kesehatan Masyarakat bisa diterapkan pada sisi preventif maupun kuratif. Alumni jurusan ini banyak dibutuhkan pada sektor-sektor kesehatan yang berkaitan lantas dengan masyarakat, seperti pada Dinas Kesehatan, Badan Narkotika Nasional, termasuk juga BPJS Kesehatan.

3. Ilmu Keperawatan

Sobat Terampil pasti telah tak asing lagi dengan pekerjaan perawat, bukan? Ya, perawat yakni petugas kesehatan yang melakukan kontak lantas dengan pasien, bagaimanapun keadaannya – sama seperti dokter. Jadi, tak cuma kecerdasan, namun dibutuhkan pula mental yang tangguh untuk belajar tentang Ilmu Keperawatan.

Pun, sebelum lulus kuliah, mahasiswa Ilmu Keperawatan juga mesti praktik dinas di rumah sakit – iya, sama seperti dokter. Bedanya dari Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan bisa kita jumpai pada program diploma dan sarjana.

 

4.Farmasi

Seusai berjumpa dokter, kita keluar ruang periksa dengan membawa selembar resep obat. Nah, tamatan Farmasi yang menyiapkan obat-obatan yang kita butuhkan, Sobat. Namun untuk menjadi seorang apoteker, kita mesti terutama dahulu menempuh Pendidikan Pekerjaan Apoteker selama dua semester.

Selain menjadi apoteker, tamatan Farmasi juga dibutuhkan pada sektor kosmetika dan makanan. Does it ring a bell? Iya, kita punya Badan Pengawas Obat dan Makanan. Lembaga ini memerlukan orang-orang Farmasi yang ahli dibidangnya untuk meneliti makanan, obat-obatan, hingga kosmetika yang beredar ditengah masyarakat.

Kata kuncinya: meneliti. Jadi, bukan hal yang luar awam bagi mahasiswa Farmasi untuk menghabiskan waktu berjam-jam di lab melakukan praktikum.

 

Itulah lima jurusan kesehatan yang cukup populer. Lain kali mendengar jawaban “Kesehatan” ketika ditanya “Kuliah apa?” jangan kebingungan lagi ya, Sobat. Atau, justru Sobat yang akan memberi jawaban demikian?

5. Bioteknologi

Jurusan Bioteknologi tentunya betul-betul menarik, sebab tahukah kau ilmu ini betul-betul berfungsi di kehidupan kita. Misalnya di bidang pertanian, dimana dengan bantuan bioteknologi, petani bisa mempercepat penggunaan dan pemanfaatan benih transgenik sehingga memajukan masa panen, pengolahan susu pada Yogurt, Keju dan Mentega yang kemudian sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Bioteknologi juga membantu mengurangi pencemaran lingkungan, sebab sebagian bakteri bisa dimanfaatkan untuk membantu pelaksanaan daur ulang.

jurusan bioteknologi ini juga termasuk ke dalam nominasi jurusan kesehatan terbaik lho, hal ini dikarenakan pesatnya perkembangan Bioteknologi sejalan dengan terus meningkatnya kebutuhan manusia. Hal ini bisa dipahami mengingat Bioteknologi menjanjikan suatu revolusi pada hampir seluruh aspek kehidupan, mulai dari bidang pertanian, peternakan dan perikanan hingga kesehatan juga pengobatan. Beberapa bidang pekerjaan yang bisa kau tekuni diantaranya analis dan peneliti di institusi pemerintahan, bekerja di Kementrian Pertanian, Industri Makanan dan Minuman, Industri Agrikultur, dan malah industri farmasi serta kosmetika.